twetter

Ged a Widget

twetter

Ged a Widget

Rabu, 20 Maret 2013

SEJARAH INTERNET



SEJARAH INTERNET




        Internet merupakan jaringan kompuer yang di bentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 , melalui proyek ARPA yang di sebut ARPANET  ( Advanced Research Project Agency Network ), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer yang berbasis UNIX , kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon . proyek ARPANET merancang bentuk jaringan , kehandalan , seberapa informasi dapat di pindahkan , dan akhirnya pembangunan protocol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol ) .
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer .
 Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute , University Of  Califorlia , Santa Barbara , University Of Utah , dimana mereka membentuk satu  jaringan terpadu  pada tahun 1969 , dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972 .
        Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi 2 . yaitu  “ MILNET ’’ untuk keperluan militer dan “ ARPANET ’’ baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti , universitas-universitas . Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet , yang kemudian di sederhanakan menjadi internet .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar